Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah sebagai berikut: Memahami konsep ATP Guru perlu memahami konsep ATP secara mendalam agar dapat menyusun ATP dengan tepat. ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis dalam suatu fase pembelajaran. ATP menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Mengetahui Capaian Pembelajaran ATP disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh murid di akhir suatu fase pembelajaran. Mengenali karakteristik murid Guru perlu memahami karakteristik murid yang akan belajar. Karakteristik murid meliputi minat, bakat, dan kemampuan awal murid. Dengan memahami karakteristik murid, guru dapat menyusun ATP yang sesuai dengan kebutuhan murid. Menganalisis konteks pembelajaran Guru perlu menganalisis konteks pembelajaran, seperti keter...
Bentuk dari komunikasi
Para ilmuan komunikasi sepakat bahwa bentuk-bentuk komunikasi ditentukan oleh konteks, dan jumlah peserta yang terlibat. yaitu ada 4 bentuk komunikasi, sebagai berikut:
komunikasi pribadi / personal.
komunikasi pribadi atau personal dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
- komunikasi intrapribadi/personal. bentuk komunikasi ini terjadi dalam diri seseorang. orang tersebut sebagai komunikator, sekaligus sebagai komunikan. aktivitas komunikasi ini sering kita lakukan, seperti merenungi diri, instrospeksi diri, dan berimajinasi secara kreatif.
- komunikasi antarpribadi/personal. komunikasi ini dilakukan oleh dua orang, sehingga terjadi timbal balik. dialog antar dua orang. Kris Cole merinci inti dari komunikasi Antar personal/pribadi sebagai berikut:
- Komunikasi yang jelas
- Asertive (merasa butuh orang lain) dan empati
- Ber-integritas
- Memotivasi orang lain
- Respek pada orang lain
- Bekerjasama secara efektive
Komunikasi kelompok.
Michael Bugoon dan Ruffner membuat batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga orang atau lebih individu, bertujuan mendapatkan maksud yang dikehendaki. seperti berharap mendapatkan berbagai informasi dan pemecahan masalah, sehingga semua anggota kelompok dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainya dengan akurat. Komunikasi kelompok dibagi menjadi 2, yaitu:
- Kelompok Kecil. yaitu sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lain dan saling menganggap bagaian dari kelompok.
- Kelompok Besar, yaitu komunikasi yang terjadi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang yang tidak dapat dikenali satu-persatu.
Komunikasi antar budaya.
Komunikasi ini mengacu pada pelaku komunikasi baik komunikan maupun komunikator memiliki kultur dan kepercayaan yang berbeda-beda.
Komunikasi massa.
Komunikasi yang dilakukan melalui media massa, seperti koran, televisi, majalah. Kamonikasi Massa memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
- Komunikasi Massa bersifat umum
- Komunikan bersifat heterogen
- Media massa menimbulkan kesepakatan
- Hubungan komunikator dan komunikan bersifat non pribadi
- Berlangsung satu arah
- Komunikator melembaga
Komentar
Posting Komentar